Rabu, 11 September 2013

Perilaku Keorganisasian

Minggu 1

Dalam pertemuan pertama kami, kami lebih membahas nilai yang akan diambil oleh dosen kami. Adapun nilai-nilai yang akan diambil dari:

1.      Absen
2.      Tugas
3.      UTS
4.      UAS
5.      Interaksi dikelas
6.      Presentasi kelompok
7.      Paper

Penilaian dosen kami ini berbeda dengan cara penilaian dosen lainnya. Dosen lainnya hanya mengambil nilai dari absen, tugas, uts dan uas. Adapun  penjelasan penilaiannya.

1.      Absen

Absen hanya 10% dari final score yang akan diambil. Paling tidak 75% dari 100% kehadiran kami dikelas agar dapat mengikuti UTS dan UAS.

2.      Tugas

Kami diberikan tugas untuk setiap minggunya yaitu membuat blog per setiap pertemuan. Dimana blog itu berisi mengevalusi ulang apa yang telah diterangkan dosen kami. Total blog harus 18 blog dari 14 kali pertemuan, 14 blognya adalah evaluasi tentang materi (termasuk yang Anda baca sekarang) dan 4 blog lainnya adalah tugas yang diberikan oleh dosen. Dari tugas ini kami diberikan 20% dari final score. Tugas blog kami boleh dari wordpress, blogger, dan blogspot.

3.      UTS

UTS hanya 10%  dari final score.

4.      UAS

UAS pun sama hanya 10% dari final score.

5.      Interaksi dikelas

Keaktifan kami dikelas akan diberikan 10% dikelas dari final score.

6.      Presentasi kelompok

Presentasi kelompok diberikan 20% dari final score. Namun, jika salah satu anggota kami memberikan presentasi yang “bad” ini akan berdampak kepada nilai anggota lainnya.

7.      Paper

Paper kami akan diberikan 20% dari final score. Ada 2 paper yang diberikan oleh dosen kami sebelum UTS.

Kami akan diberikan kuis hanya sampai UTS dan setelah UTS kami akan diberikan tugas drama. Sebelum UTS kami harus membentuk satu kelompok, dimana satu kelompok itu beranggotakan 5 orang dan setelah UTS kami harus membentuk kelompok untuk drama lagi dimana satu kelompok beranggotakan 10 orang. Referensi buku yang digunakannyapun kami harus mendownload di “kickass.to” dan bahan kuliah ada di “slideshare.net” dan “authorstream.com”

Dalam pertemuan pertama kami, kami diperkenalkan dengan materi dasar-dasar dari organisasi itu sendiri.

·                Organisasi itu adalah sekumpulan orang yang bekerja didalamnya untuk mencapai tujuan dari organisasi. Ini pengertian standard dari organisasi.

·         Organisasi itu tidak hanya membutuhkan orang-orang yang pemikir saja namun orang-orang yang mau melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

·         Kita sebagai manusia sebaiknya mempunyai mind set yang berbeda tapi berperilaku sama, yaitu: “MEMILIH PEKERJAAN DIBANDING MENCARI PEKERJAAN”. Karena penerimaan pegawai akuntansi hanya sedikit yang dibutuhkan. Misalnya: Lulusan akun tahun 2010 sekitar 12.000 orang sedangkan yang dibutuhkan kurang dari 5%.

·         “people” dan “system” yang ada dalam oragnisasi berhubangan sangat kuat.

·         Sebaiknya visi-misi organisasi harus kita ketahui sebelum kita join ke dalam sebuah oragnisasi

·         Adapun system dalam organisasi yang harus dimiliki oleh sebuah organisasi, yaitu:

1.      Misi. Justru misi itu haruslah menjadi bagian utama dalam system disbanding dengan visi. “why we choose this?” kita harus mengatahui mengapa kita berada didalam bisnis ini.
2.      Visi. Kita juga harus mengetahui “what we wanna be?” atau apa yang kita inginkan dan menjadi apa organisasi yang ingin kita ciptakan.
3.      Value. Kita harus yakin dengan nilai yang apa kita bawa nanti kedepannya.
4.      Struktur organisasi. Dalam sebuah organisasi harus memiliki struktur organisasi.

1 komentar:

  1. senang dapat review dari Mbak Intan...keep on learning and sharing...

    BalasHapus